Jaringan

  1. Topologi sangat penting di kampus ini terutama bagi dosen dan karyawan/anak magang yang bekerja di tempat tersebut.
  2. Di kampus IAIN BUKITTINGGI sudah memiliki beberapa jaringan yaitu;
  • LAN berfungsi untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam satu jaringan. Jadi bagi orang yang menggunakan computer tersebut dapat mengakses jaringan dengan mudah.
  • MAN berfungsi untuk menghubungkan komputer dan juga perangkat lain sehingga bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya yang bisa meliputi banyak wilayah sehingga memiliki cakupan koneksi wilayah yang lebih luas. Jadi mahasiswa/I bisa menggunakan jaringan tersebut di suatu ruangan yang memiliki jaringan tersebut.
  • WAN berfungsi untuk berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar, hingga mencapai antar benua. Jadi jaringan ini bisa digunakan oleh suatu daerah yang sudah memiliki jaringan tersebut.
  • PAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang digunakan dalam keperluan sehari-hari seperti tablet, telepon genggam, headset nirkabel dan laptop. Jadi seseorang bisa berbagi jaringan dengan sangat mudah kepada temannya.
  • CAN berfungsi untuk menghubungkan berbagai bangunan, termasuk bangunan administrasi, bangunan akademik, perpustakaan universitas, kampus atau mahasiswa pusat, asrama, gimnasium, dan struktur terpencil lainnya, seperti pusat konferensi, pusat teknologi, dan lembaga pelatihan. Jaringan ini juga digunakan di kampus ini karena sangat cocok bagi seluruh orang yang berada ada di kampus ini.
  • Internet berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan.
  • VPN adalah solusi aman yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui internet dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan data VPN berdasar tingkatan enkripsi. Jadi jaringan ini terjamin keamanannya dan juga cocok untuk kampus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *